I am on Wattpad : Proof of Vera's changed allegiance?



So, Sebuah Novel Yang Belum Selesai is now live on Wattpad.

Yeah, saya tahu. "KOK GITU SIH VER? FICTIONPRESS APA KABAR? JADI GAK AKAN DIPAKE LAGI AKUN FICTIONPRESSNYA?" Belum ada yang nanya kayak gitu sih, tapi kebayang aja kalau para pembaca di fictionpress pada tahu soal ini, akan muncul pertanyaan yang senada. Karena saya orangnya penuh persiapan (?), saya udah bikin jawaban sebelum ada yang bertanya.

Jawabannya adalah : Nggak juga.

Saya bakal terus nulis di fictionpress. Fictionpress adalah tempat "publikasi" pertama saya, dan saya sudah kadung sayang. Iya, saya orangnya emang baperan.

Fictionpress masih jadi tempat yang paling oke untuk dapat feedback. Memang pembaca Indonesia rada sepi, tapi alhamdulillah saya sering banget dapat review. Dan reviewnya juga mendalam. I love short reviews, but I love longer, thoughtful ones even more. Walaupun saya masih rada kurang tanggap membalas review, pembaca-pembaca baik terus aja ada. Dan lumayan banyak pembaca yang reach out ke saya, lewat sosmed-sosmed saya yang lainnya. Some of them has become more than "precious readers", they are dear friends to me.

Tapi khusus untuk Sebuah Novel yang Belum Selesai, yang udah saya tarik dari Fictionpress dengan niat mau diterbitkan sejak kapan taun, saya merasa stagnan aja sekarang. Perlu banyak revisi untuk jadi layak diterbitkan (and that's not only me being my own worst enemy), dan saya nggak maju-maju. Dulu apa sih yang bikin maju? Oh iya, gara-gara ceritanya dipost secara berkala di fictionpress, banyak yang minta supaya cerita itu di-update. Berasa gimana gitu, ada yang nungguin :')

Iya saya orangnya emang butuh pengakuan. Da aku mah apa atuh remah Danish Monde Butter Cookies.

Terus kenapa nggak repost di Fictionpress lagi?
Agak inconvenient aja, dengan jumlah chapter yang berubah. Ceritanya juga berubah...dikit. Kayaknya sih dikit :))

Terus kenapa cerita-cerita fictionpress yang lain ga diupdate juga? Terakhir update kapan woy! Pas ulang tahun, buat ngubah umur doang! Apa ini gara-gara udah punya akun wattpad?
Eu, itu mah nggak ada hubungannya sama saya bikin akun Wattpad, haha.

Saya masih berjuang untuk menyediakan waktu menulis hal-hal yang nggak berkaitan dengan pekerjaan (even though I was also writing less than expected in work-related thingy *sigh*), makanya update agak seret. Lihat aja blog ini juga mulai ditumbuhi rumput-rumput ilalang.

Untuk sementara, yang kangen sama Biru dan Gaizka bisa melipir ke Wattpad dulu ya :)

Comments

  1. Udah tamat di fictionpress Muut, tapi ya gitu da aku penganut rewriting ad infinitum, jadi kuedit (heavily) dan ditaro di wattpad deh karena satu dan lain hal. Tapi Wattpad beda yaaa kultur(?)nya jadi masih dalam masa penyesuaian hoho.

    Baca via laptop aja mut, kan wattpad bisa lewat laptop juga HOHOHO.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Der Erlkoenig (The Elf King), A Poem By Johann Wolfgang von Goethe

Day #1 : 10 Things That Makes Me Happy (PART 2)

Aishiteru - Kizuna (a.k.a. The Movie That Made Me Feel Like A Stone-Hearted Cyborg)